Senin, 23 Juni 2014

Tugas Dasar - Dasar Bisnis






Nama                  : Mirza Sahadat
NPM                   : 13312066
Kelas                   : AKP W31/13 ( Akuntansi )
Tugas                  : Dasar – Dasar Bisnis
Dosen                  : Bp. Warjan, SPd, MM



A.    Licensing 
Licensing atau lisensi adalah sebuah bentuk hubungan kerjasama dimana pemilik hak dari sebuah kekayaan intelektual, seperti hak merek dagang, paten, copyright, desain industri dan lain sebagainnya, membolehkan pihak lain untuk menggunakan salah satu dari hak yang dimilikinya dengan pengganti uang bayaran atau biaya lisensi (dapat berupa sejumlah uang atau royalti). Pihak lain tersebut atau licensee akan menggunakan hak kekayaan interlektual itu serta memproduksinya untuk berbagai keperluan dan menjualnya kepada publik.

Contoh :
·         Starbucks yang ada di Indonesia mendapat licensee Starbucks, Washington
·         Toyota Astra Indonesia mendapat lisensi dari Toyota di Jepang
·         Aqua Produk air mineral yang berada di bawah Lisensi Danone
·         Indomaret, Alfamart

B.     Franchising
Franchising adalah individu/perusahaan yang diberikan hak oleh franchisor dengan cara membeli hak tersebut untuk area dan periode tertentu. Sedangkan franchisor adalah perusahaan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk mendistribusikan satu produk/jasa mempergunakan merek, logo dan sistem operasi yang dimilikinya. Dalam bahasa Indonesia franchising disebut juga waralaba.
Contoh :
  • KFC (Kentuky Fried Chicken)
  • Mc Donald
  • Pizza Hut
  • Papa Rons Pizza

C.    Joint Venturing
Joint venture adalah bentuk kerjasama antar beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat.
Contoh :
·         Indofood dengan Nestle
Dua perusahaan yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Nestle S.A (Nestle)
Switzerland, membentuk perusahaan patungan (joint venture). Perusahaan joint venture itu adalah PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.

·         PT. Kalbe Milko Indonesia
Emiten farmasi terkemuka, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), membentuk perusahaan joint venture dengan PT Milko Beverage Industry untuk memproduksi makanan dan minuman kesehatan, menurut direksi perseroan. Perusahaan  joint venture  itu diberi nama PT Kalbe Milko Indonesia.

·         PT Toyota-Astra Motor (TAM)
PT. Toyota-Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mobil Toyota di Indonesia. TAM merupakan perusahaan joint venture antara PT. Astra Internasional Tbk dengan persentase saham 51% dan Toyota Motor Corporation, Jepang dengan persentase saham 49 %.

D.    Multinational Coporation (MNC)

Perusahaan multinasional (MNC) adalah sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing.
Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka , dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung.
Contoh :
·         General Motors ( Honda )
·         Coca-Cola
·         Firestone
·         Philips
·         Volkswagen
·         Exxon
·         Coca-cola
·         Nescafe’
·         Gillette
·         Marlboro 
       Mc. Donald

E.     Management Contracting
Managemen Contacting adalah pengaturan di mana satu perusahaan menyediakan mekanisme manajemen dalam satu atau semua area kepada orang lain.
Contoh :
·         Hotel Ritz Carlton
·         Faour Seasons
·         Westin
·         Hilton
·         Conrad
·         Meliasering
·         Sephora

F.     Marketing In Home Country by Host Country
Marketing In Home Country by Host Country adalah pengaturan di mana Negara (Home Country) harus membayar, sedangkan pengirim (Host Country) memperoleh fee tersebut.
Contoh :
·         PT. Unilever
·         Johnson & Johnson
·         Colgate
·         IBM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar